Topik 2 Demonstrasi Kontekstual Pembelajaran Berdiferensiasi

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI 

Anggota Kelompok :

  1. Aisyah Pramesti Cahyani
  2. Herlambang Fakhrur R
  3. Parhanudin
  4. Ramadhani Anggit Utami
  5. R Yudha Putra Pratama
  6. Wahyu Puji Astuti 
  7. Zulvyan Nurrl Fadil Akbar

Konten

Pembelajaran berdiferensiasi Konten / Isi bertujuan untuk memastikan bahwa semua siswa termasuk yang memiliki tingkat kemampuan yang beragam, memiliki kesempatan untuk belajar secara efektif.

CONTOH BERDASARKAN KESIAPAN BELAJAR

Seorang guru melihat aspek kesiapan belajar siswa, jika siswa berada pada tahap belajar konkrit maka perlu diberikan benda-benda yang memberikan pemahaman terhadap keadaan yang nyata. Jika siswa sudah siap belajar secara abstrak digunakan gambar dan juga bisa mengerjakan lembar kerja.

CONTOH BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Seorang guru IPS akan mengajar kelas 7 SMP pada materi Peta dan Letak Astronomi Geografis. Guru menyadarkan peserta didiknya memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Maka guru membuat rancangan pembelajaran berdiferensiasi konten dengan berbagai metode pembelajaran. 

  1. Materi harus kontekstual
  2. Konten disajikan dalam bentuk tersirat.
  3. Tidak melupakan tema besar materi
  4. melakukan apersepsi
  5. Merancang pembelajaran yang dapat meningkatkan
  6. kolaborasi
  7. Mudah dipahami dan interaktif

Catatan :

  • Penggunaan Berbagai Jenis Bahan Bacaan
  • Menggunakan Media Pembelajaran Visual, Audio/Audio
  • Visual dan atau berbentuk keperluan kinestetik

Kesimpulan

Guru harus memahami bahwa setiap peserta didik memiliki gaya dan minat belajar yang berbeda-beda. Tugas guru adalah menuntun mereka agar mendapatkan kesuksesan hidup sesuai dengan bakat, minat, potensi dan prestasi. Dalam hal ini mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi konten berarti telah menuntun peserta didik mengembangkan kemandirian.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama