Apa Itu Pemasaran, dan Apa Tujuannya?

 

Tujuan Marketing

Dictionary.com mendefinisikan pemasaran sebagai, "tindakan atau bisnis yang mempromosikan dan menjual produk atau layanan, termasuk riset pasar dan periklanan."

Jika Anda bekerja dalam peran pemasaran seperti yang saya lakukan, mungkin sulit bagi Anda untuk mendefinisikan pemasaran meskipun Anda melihat dan menggunakannya setiap hari - istilah pemasaran agak mencakup semua dan bervariasi untuk definisi yang langsung.

Definisi ini terasa tidak membantu.

Bagian penjualan, misalnya, sedikit tumpang tindih dengan definisi "apa itu penjualan", dan kata periklanan membuat saya berpikir tentang sesi brainstorming Orang Gila.

Tetapi setelah menggali lebih dalam, saya mulai melihat bahwa sebenarnya, pemasaran memang sangat tumpang tindih dengan periklanan dan penjualan. Pemasaran hadir di semua tahap bisnis, mulai dari awal hingga akhir.

Pada awalnya, saya bertanya-tanya mengapa pemasaran merupakan komponen penting selama pengembangan produk, atau promosi penjualan, atau distribusi eceran. Tapi masuk akal jika Anda memikirkannya - pemasar memiliki jari terkuat pada denyut nadi konsumen Anda.

Tujuan pemasaran adalah untuk meneliti dan menganalisis konsumen Anda sepanjang waktu, melakukan grup fokus, mengirimkan survei, mempelajari kebiasaan belanja online, dan mengajukan satu pertanyaan mendasar: "Di mana, kapan, dan bagaimana konsumen kita ingin berkomunikasi dengan bisnis kita ? "

Di sini, mari kita jelajahi tujuan pemasaran, bersama dengan jenis pemasaran, 4 P pemasaran, dan perbedaan antara pemasaran dan periklanan.

Baik Anda seorang pemasar berpengalaman yang ingin menyegarkan definisi Anda, atau pemula yang ingin memahami apa itu pemasaran, kami siap membantu Anda. Mari selami.

Pemasaran modern dimulai pada 1950-an ketika orang mulai menggunakan lebih dari sekadar media cetak untuk mendukung suatu produk. Saat TV - dan segera, internet - memasuki rumah tangga, pemasar dapat melakukan seluruh kampanye di berbagai platform. Dan seperti yang Anda duga, selama 70 tahun terakhir, pemasar menjadi semakin penting untuk menyesuaikan cara bisnis menjual produk kepada konsumen untuk mengoptimalkan kesuksesan.

Faktanya, tujuan dasar pemasaran adalah untuk menarik konsumen ke merek Anda melalui pesan. Idealnya, pesan itu akan membantu dan mendidik untuk audiens target Anda sehingga Anda dapat mengubah konsumen menjadi prospek.

Saat ini, ada lusinan tempat di mana seseorang dapat melakukan kampanye pemasaran - di mana seseorang melakukannya di abad ke-21?

Jenis Pemasaran

Lokasi kampanye pemasaran Anda sepenuhnya bergantung pada tempat pelanggan menghabiskan waktu mereka. Terserah Anda untuk melakukan riset pasar yang menentukan jenis pemasaran mana - dan campuran alat mana dalam setiap jenis - yang terbaik untuk membangun merek Anda. Berikut adalah beberapa jenis pemasaran yang relevan saat ini, beberapa di antaranya telah teruji oleh waktu:

  • Pemasaran Internet: Terinspirasi oleh kampanye produk Excedrin yang berlangsung secara online, gagasan hadir di internet untuk alasan bisnis adalah jenis pemasaran itu sendiri.
  • Pengoptimalan mesin telusur: Disingkat "SEO", ini adalah proses mengoptimalkan konten di situs web agar muncul di hasil mesin telusur. Ini digunakan oleh pemasar untuk menarik orang-orang yang melakukan penelusuran yang menyiratkan bahwa mereka tertarik untuk mempelajari industri tertentu.
  • Pemasaran blog: Blog tidak lagi eksklusif untuk penulis individu. Merek sekarang menerbitkan blog untuk menulis tentang industri mereka dan memelihara minat pelanggan potensial yang menjelajahi internet untuk mendapatkan informasi.
  • Pemasaran media sosial: Bisnis dapat menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan jejaring sosial serupa untuk menciptakan kesan pada audiens mereka dari waktu ke waktu.
  • Pemasaran cetak: Saat surat kabar dan majalah menjadi lebih baik dalam memahami siapa yang berlangganan materi cetak mereka, bisnis terus mensponsori artikel, fotografi, dan konten serupa dalam publikasi yang dibaca pelanggan mereka.
  • Pemasaran mesin pencari: Jenis pemasaran ini sedikit berbeda dari SEO, yang dijelaskan di atas. Bisnis sekarang dapat membayar mesin pencari untuk menempatkan tautan pada halaman indeksnya yang mendapat eksposur tinggi ke audiens mereka. (Ini adalah konsep yang disebut "bayar per klik" - Saya akan menunjukkan contohnya di bagian selanjutnya).
  • Pemasaran video: Meskipun dulunya hanya iklan, pemasar sekarang mengeluarkan uang untuk membuat dan menerbitkan semua jenis video yang menghibur dan mendidik pelanggan inti mereka.

Pemasaran dan Periklanan

Jika pemasaran adalah sebuah roda, maka periklanan adalah salah satu pembicaraan tentang roda tersebut.

Pemasaran memerlukan pengembangan produk, riset pasar, distribusi produk, strategi penjualan, hubungan masyarakat, dan dukungan pelanggan. Pemasaran diperlukan dalam semua tahap perjalanan penjualan bisnis, dan dapat menggunakan berbagai platform, saluran media sosial, dan tim dalam organisasi mereka untuk mengidentifikasi audiens mereka, berkomunikasi dengannya, memperkuat suaranya, dan membangun loyalitas merek dari waktu ke waktu.

Di sisi lain, periklanan hanyalah salah satu komponen pemasaran. Ini adalah upaya strategis, biasanya dibayar, untuk menyebarkan kesadaran akan produk atau layanan sebagai bagian dari tujuan yang lebih holistik yang diuraikan di atas. Sederhananya, ini bukan satu-satunya metode yang digunakan oleh pemasar untuk menjual produk.

Berikut contohnya (terus membaca, ada kuis di akhir artikel):

Misalkan sebuah bisnis meluncurkan produk baru dan ingin membuat kampanye yang mempromosikan produk tersebut ke basis pelanggannya. Saluran pilihan perusahaan ini adalah Facebook, Instagram, Google, dan situs web perusahaannya. Ia menggunakan semua ruang ini untuk mendukung berbagai kampanyenya setiap kuartal dan menghasilkan arahan melalui kampanye tersebut.

Untuk menyiarkan peluncuran produk barunya, ia menerbitkan panduan produk yang dapat diunduh ke situs webnya, memposting video ke Instagram yang mendemonstrasikan produk barunya, dan berinvestasi dalam serangkaian hasil pencarian bersponsor di Google yang mengarahkan lalu lintas ke halaman produk baru di situs webnya.

Sekarang, manakah dari keputusan di atas yang merupakan pemasaran, dan mana yang merupakan periklanan?

Periklanan berlangsung di Instagram dan Google. Instagram umumnya bukanlah saluran periklanan, tetapi ketika digunakan untuk pencitraan merek, Anda dapat mengembangkan basis pengikut yang siap untuk pengumuman produk yang lembut sesekali. Google pasti digunakan untuk beriklan dalam contoh ini; perusahaan membayar ruang di Google - program yang dikenal sebagai bayar per klik (PPC) - untuk mengarahkan lalu lintas ke halaman tertentu yang berfokus pada produknya. Iklan online klasik.

Dimana pemasarannya berlangsung? Ini adalah pertanyaan jebakan, karena pemasaran adalah keseluruhan proses. Dengan menyelaraskan Instagram, Google, dan situs webnya sendiri di sekitar inisiatif yang berfokus pada pelanggan, perusahaan menjalankan kampanye pemasaran tiga bagian yang mengidentifikasi audiensnya, membuat pesan untuk audiens tersebut, dan mengirimkannya ke seluruh industri untuk memaksimalkan dampaknya.

4 P Pemasaran

Pada tahun 1960-an, E Jerome McCarthy datang dengan 4 P pemasaran: produk, harga, tempat, promosi.

Pada dasarnya, 4 P ini menjelaskan bagaimana pemasaran berinteraksi dengan setiap tahap bisnis.

Produk

Katakanlah Anda mendapatkan ide untuk produk yang Anda ingin bisnis Anda jual. Apa berikutnya? Anda mungkin tidak akan sukses jika Anda mulai menjualnya.

Sebaliknya, Anda memerlukan tim pemasaran Anda untuk melakukan riset pasar dan menjawab beberapa pertanyaan kritis: Siapa audiens target Anda? Apakah ada kesesuaian pasar untuk produk ini? Pesan apa yang akan meningkatkan penjualan produk, dan di platform mana? Bagaimana cara pengembang produk Anda memodifikasi produk untuk meningkatkan kemungkinan sukses? Apa pendapat kelompok fokus tentang produk, dan pertanyaan atau keraguan apa yang mereka miliki?

Pemasar menggunakan jawaban atas pertanyaan ini untuk membantu bisnis memahami permintaan produk dan meningkatkan kualitas produk dengan menyebutkan masalah yang berasal dari kelompok fokus atau peserta survei.

Price

Tim pemasaran Anda akan memeriksa harga produk pesaing, atau menggunakan grup fokus dan survei, untuk memperkirakan berapa banyak pelanggan ideal Anda bersedia membayar. Beri harga terlalu tinggi, dan Anda akan kehilangan basis pelanggan yang solid. Hargai terlalu rendah, dan Anda mungkin kehilangan lebih banyak uang daripada yang Anda peroleh. Untungnya, pemasar dapat menggunakan riset industri dan analisis konsumen untuk mengukur kisaran harga yang baik.

Place

Sangat penting bahwa departemen pemasaran Anda menggunakan pemahaman dan analisis mereka tentang konsumen bisnis Anda untuk menawarkan saran tentang bagaimana dan di mana menjual produk Anda. Mungkin mereka yakin situs e-niaga berfungsi lebih baik daripada lokasi ritel, atau sebaliknya. Atau, mungkin mereka dapat menawarkan wawasan tentang lokasi mana yang paling layak untuk menjual produk Anda, baik secara nasional maupun internasional.

Promosi

P ini kemungkinan besar adalah yang Anda harapkan dari awal: promosi memerlukan iklan online atau cetak, acara, atau diskon yang dibuat tim pemasaran Anda untuk meningkatkan kesadaran dan minat pada produk Anda, dan, pada akhirnya, menghasilkan lebih banyak penjualan. Selama tahap ini, Anda mungkin akan melihat metode seperti kampanye hubungan masyarakat, iklan, atau promosi media sosial.

Semoga definisi kami dan keempat P membantu Anda memahami tujuan pemasaran dan cara mendefinisikannya. Pemasaran bersinggungan dengan semua area bisnis, jadi penting bagi Anda untuk memahami cara menggunakan pemasaran untuk meningkatkan efisiensi dan kesuksesan bisnis Anda.

Lebah Merah Blog Lebah Merah Blog berisi artikel Tutorial

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Pemasaran, dan Apa Tujuannya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel